Kamis, 03 September 2015

Pahala Al Fatihah Insya Allah Sampai ke Mayit


Saat kita sholat dan mendoakan jenazah, itu kan transfer pahala. Yang penting yang disholati Muslim. Yang sholat dan mendoakan jenazah orang lain, selain yang sholat dan doa dapat pahala, jenazah juga mendapat pahala/keringanan.

“Diriwayatkan dari Ibnu Umar, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda: Jika diantara kalian ada yang meninggal, maka janganlah diakhirkan, segeralah dimakamkan. Dan hendaklah di dekat kepalanya dibacakan pembukaan al-Quran (Surat al-Fatihah) dan dekat kakinya dengan penutup surat al-Baqarah di kuburnya” (HR al-Thabrani dalam al-Kabir No 13613, al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman No 9294, dan Tarikh Yahya bin Main 4/449)[2]

Al-Hafidz Ibnu Hajar memberi penilaian pada hadis tersebut:

“HR al-Thabrani dengan sanad yang hasan” (Fath al-Bari III/184)


Pahala yang terus mengalir meski seseorang sudah mati: ilmu yang bermanfaat dan doa anak saleh. Ini transfer pahala

Anak baca Al Fatihah dapat pahala. Orang tua yang mengajari atau mengantar anak tsb ke gurunya juga dapat pahala lewat Ilmu yang bermanfaat.

Ibnu Abbas ra: bahwasannya ibu Sa’d bin Ubadah ra meninggal dunia, sementara saat itu, ia (Sa’d) tidak berada disisinya. Kemudian Sa’d bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia sementara aku tidak mengikuti prosesi pengurusan jenazah (tidak hadir di tempat), apabila aku bersedekah untuknya, apakah hal itu berguna baginya? Rasulullah menjawab: iya. Lalu Sa’d berkata: sesungguhnya aku mempersaksikan kepadamu wahai Rasulullah bahwasannya kebunku yang sedang berbuah ku sedekahkan kepadanya (ibuku).( HR Muslim )

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Baca selengkapnya di: http://media-islam.or.id/2012/01/25/3-amal-yang-pahalanya-tidak-terputus/

Ini wawasan harus luas. Kalau Newbie tapi bergaya Mufti, ini Ahmaq

Ahmaq: Orang Bodoh yang Merasa Alim / Pintar
http://syiarislam.blogspot.com/2015/05/ahmaq-orang-bodoh-yang-merasa-alim.html

Tidak ada komentar:

Situs Syiar Islam

Info Indonesia