Minggu, 28 Juni 2015

Kurdistan: Negara yang Hilang


Suku Kurdi ternyata pernah punya 1 negara yang bernama Kerajaan Kurdistan yang berdiri tahun 1922-1924. Namun terjadi pemberontakan yang akhirnya menghancurkan negara tsb dan wilayah Suku Kurdi pun terbagi ke dalam 4 negara: Turki (15 juta), Iran (6 juta), Iraq (6 juta), dan Suriah (3 juta).

Dengan jumlah penduduk sebanyak 30 juta, Suku Kurdi lebih banyak daripada penduduk Suriah (22 juta), Iraq (26 juta), dan Arab Saudi (29 juta). Namun karena terbagi dalam 4 negara, mereka akhirnya jadi minoritas.

Padahal ternyata Sultan Salahuddin yang terkenal itu berasal dari suku Kurdi. demikian pula presiden Iraq, Jalal Talabani. Mayoritas Suku Kurdi beragama Muslim Sunni.

Di Iran, Suku Kurdi yang masih serumpun dengan bangsa Iran masih merasa seperti di rumah. Karena ternyata beberapa Raja Iran dikabarkan berasal dari Suku Kurdi, demikian pula Walikota Iran sekarang, Mohammad Bagher Ghalibaf. Di negara2 lain seperti Suriah dan Iraq yang Arab serta Turki, Suku Kurdi merasa agak berbeda. Apalagi di Turki, ada pemberontak dari Suku Kurdi. Demikian pula di Iraq sempat terjadi pemberontakan.


Sebetulnya Suku Kurdi sebagaimana Sultan Salahuddin Al Ayyubi merupakan pejuang yang tangguh. Namun pemberontakan yang pernah terjadi akhirnya mengakibatkan mereka menjadi Bangsa yang tidak punya negara. Turun pangkat sekedar jadi Suku Kurdi. Bukan lagi sebagai Bangsa.

https://en.wikipedia.org/wiki/Kurds

Tidak ada komentar:

Situs Syiar Islam

Info Indonesia