Rabu, 28 Oktober 2015

3 Sumber Informasi Tentang Syi'ah

Kalau mau tahu soal Syi'ah, ada 3 sumber:
1. Dari kelompok Wahabi kita kan tahu Syi'ah itu makan tai imamnya, doyan mut'ah, berzina dgn binatang, Tuhannya Ali, suka menghina sahabat Nabi, dsb. Cuma benarkah itu? "Informasi" atau lebih tepat Fitnah / Sampah dari Wahabi ini banyak saya temukan di Facebook saya. Jadi cukup kenyang. Tanpa dicari, Fitnah Najd ini nyamperin sendiri... :)

2. Fas'alu Ahli Zikri. Tanya Ulama (An Nahl 43). Ini firman Allah. Referensi paling lengkap ya Risalah Amman (www.ammanmessage.com). Ah itu kan cuma website!
Bukan sembarang website. Itu adalah website Resmi Risalah Amman. Ijma 'Ulama tentang 8 mazhab Islam di antaranya 4 mazhab Sunni, Ja'fari dan Zaidi sebagai bagian dari mazhab Islam yang sah dan dilarang saling mengkafirkan. Ijma Ulama itu 1 dari 4 sumber Hukum Islam. Di situ ada 552 ulama dari 84 negara. Bukan sembarang ulama. Tapi ulama besar dunia seperti Syekh Al Azhar Tontowi, Ali Jum'ah, Ahmd Thayib, Syekh Al Buthi, Yusuf Qaradhawi, KH Hasyim Muzadi, KH Din Syamsuddin, Tuti Alawiyah, Habib Umar bin Hafidz, Habib Ali Al Jifry dsb. Jadi bukan sembarang ulama. Fatwa2 sebagian ulama tentang ini juga ada di website itu.
Kalau tidak percaya, temui langsung 552 ulama tsb (yang masih hidup) soal Syi'ah. Ini lebih afdhol.


3. Tabayyun langsung ke kaum yang dituduh, dalam hal ini Syi'ah. Bener tidak begitu? Syi'ah pun ada banyak macamnya. Menurut Habib ada Ghulat (kafir), Rafidhoh (sesat), dan Mu'tadil (lurus). Bahkan Ghulat yang kafir pun banyak macamnya. Seorang Syi'i memberi tahu ada 10 lebih di antaranya Saba'iyah yang mentuhankan Ali, Qaramithah yang sempat menyerbu Mekkah, Ismailiyah yang tidak sholat katanya, dsb. Nah kalau kebetulan anda tanya Syi'ah Ghulat yang kafir, kesimpulan anda Syi'ah itu kafir.
Sebaliknya jika tanya Syi'ah yang Mu'tadil, di antaranya Habib Hasan Dalil dari ABI, ini lebih representatif.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. ” [Al Hujuraat 6]

Baca selengkapnya di: http://media-islam.or.id/2013/08/11/cara-mendapatkan-berita-yang-benar/
Tabayyun itu penting agar kita tidak menzalimi satu kaum karena kejahilan kita. Tabayyun itu perintah Allah.

Itu saja.
Pandangan ulama non Syi'ah pun thd Syi'ah macam2.

95% ulama Salafi Wahabi menganggap semua Syi'ah itu kafir atau sesat

NU Garis Lurus menganggap semua Syi'ah sesat

90% ulama Aswaja mengakui masih ada Syi'ah yang lurus. Misalnya penanda-tangan Risalah Amman di atas, Habib Rizieq, KH Said Aqil Siradj, KH Quraish Shihab, dsb.

Kira2 begitu.

Tidak ada komentar:

Situs Syiar Islam

Info Indonesia